Taman Safari Indonesia II Prigen

E-mail Print PDF
Taman Safari Indonesia II Prigen dikenal sebagai salah satu Safari Park terbesar di Asia, berlokasi di Taman Nasional Gunung Arjuna, Prigen – Pasuruan Jawa Timur. Taman Safari Prigen ini, memiliki luas area sebesar 350 hektar saja dan merupakan Taman Safari terluas di Asia Tenggara. Taman Safari  ini juga dikenal dengan paket wisata Safari Adventure yang sangat luar biasa, menembus lebatnya belantara Taman Nasional Gunung Arjuna yang penuh dengan harimau benggala, singa africa, beruang coklat raksasa dan aneka macam  satwa langka lainnya. Dengan koleksi satwa exotic dari 5 benua, Taman Safari Indonesia II Prigeni merupakan taman safari yang terlengkap di Indonesia.  Taman ini  juga memiliki 7 Animal Education Show terbaik di Asia Tenggara.

Taman ini  merupakan pusat konservasi paling sukses dalam penyelamatan Banteng Jawa dan Gajah Sumatera di dunia. Taman Safari yang menempati kawasan dengan pemandangan paling indah di salah satu sudut Taman Nasional Gunung Arjuna – Prigen Jawa Timur ini, ditunjuk oleh pemerintah sebagai Stud Book Keeper (penjaga silsilah) bagi Gajah-gajah Sumatera dan Banteng Jawa yang sangat di lindungi diluar habitatnya. Hal ini tentu saja tidak lepas dari keberhasilan Taman Safari Prigen dalam program penyelamatan Gajah liar di Waykambas Lampung serta Banteng Jawa di Taman Nasional Meru Betiri.
 
Dalam waktu kurang dari 5 tahun, 7 banteng Jawa yang berhasil dievakuasi setelah mengamuk di pemukiman warga di sekitar Taman Nasional Meru Betiri – Jember. Berhasil dibiakkan menjadi 23 ekor. Tidak hanya itu, Taman ini telah menjadikan mahluk yang paling beringas di hutan Meru Betiri dan Alas Purwo ini bisa juga sangat ramah terhadap para pengunjung. Mereka bahkan tidak segan-segan mendekati mobil pengunjung hanya sekedar untuk menanyakan jatah wortel yang barangkali ada buat mereka. Populasi mereka terus meningkat di Taman Safari Prigen sehingga diharapkan taman ini selanjutnya  menjadi pusat penangkaran Banteng Jawa. Bersama dengan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Taman Safari Prigen juga sedang mengembangkan program pemuliaan genetis sapi Bali dengan sperma banteng Jawa yang super kuat tersebut. Melalui  program ini diharapkan bisa didapatkan keturunan sapi bali berbadan dan daya tahan super yang tentu akan menjadi angin segar bagi dunia peternakan di Indonesia.
 
Berbagai riset mendalam tentang penangkaran berbagai macam satwa langka seperti banteng Jawa, Burung Jalak Bali, Girrafe, Gajah Sumatera, Harimau Sumatera dan ratusan species satwa langka lainnya telah berhasil ditangkarkan di Taman Safari Prigen. Tentu saja, untuk mendukung kegiatan konservasi tersebut, Taman Safari Prigen membutuhkan dana yang tidak sedikit. Sebagai contoh adalah  satu suntikan yang harus diberikan ketika seekor harimau sakit bisa menghabiskan dana mulai dari Rp 2 juta sampai Rp 12 juta. Sementara total dari satwa yang harus diawasi oleh Taman Safari Indonesia sudah lebih dari 2 ribuan ekor. Jadi membutuhkan banyak dana untuk memelihara  satwa dari 5 benua tersebut dan membuat mereka terus berkembang biak. Demi mendapatkan dana yang sangat besar tersebut, Taman Safari Indonesia menggelar banyak sekali pertunjukan edukasi tentang satwa, bahkan 5 diantaranya merupakan pertunjukan edukasi satwa terbaik di Asia Tenggara. Seperti Sumatran Elephant Education Show, Bird Of Prey Show, Dolphin Education Show, dan banyak show lainnya.
 
Dengan  berbagai pertunjukan tersebut diharapkan pengunjung yang datang berwisata ke Taman Safari Prigen akan menjadi lebih banyak dan mereka semakin tahu betapa luar biasanya satwa-satwa exotic tersebut. Sehingga muncul kesadaran dari para pengunjung untuk ikut melestarikan keberadaan satwa-satwa tersebut dan diharapkan juga pemasukan dari hasil penjualan tiket  dapat mencukupi biaya konservasi dan pemeliharaan Taman Safari Prigen. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada para pengunjung, semua karyawan secara berkala mendapatkan pelatihan-pelatihan tentang pentingnya pelayanan kepada para pengunjung yang datang. Taman Safari Prigen juga melibatkan warga di sekitar lingkungan Taman Safari Prigen untuk ikut serta secara positif menjaga hal ini.
 
Taman Safari Indonesia Prigen juga terus menerus menambahkan wahana-wahana baru salah satunya Baby Zoo untuk membuat para pengunjung semakin betah berwisata di sini.   Salah satu pemandangan paling umum ditemui di Baby Zoo  kita bisa menyaksikan asyiknya harimau-harimau gembala menikmati daging ayam segar di tengah sejuknya air kolam di exhibit mereka di Baby Zoo setiap jam 12:30 siang dan 14:30 menjelang sore hari. Semua itu bisa disaksikan secara gratis oleh para pengunjung Taman Safari Indonesia II - Prigen. Selain baby zoo, wahana lainnya adalah Safari Waterworld, Dolphin Bay, Safari Ride & Fun Zone sampai wahana pertunjukan terakhir, yaitu stuntmanshow terbesar di Asia Tenggara, “Journey To The Temple Of Terror”. Semua paket wisata ini tentu saja menjadikan Taman Safari Indonesia II – Prigen sebagai destinasi wisata edukasi tentang satwa paling menarik di Indonesia saat ini.
 
Jika Anda ingin memperkenalkan pada keluarga Anda tentang satwa-satwa dari berbagai penjuru dunia, Taman Safari Indonesia II Prigen merupakan pilihan yang tepat.Taman Safari ini buka setiap hari mulai pukul 08:30 sampai 17:00. Hari libur tetap buka seperti biasa.
 

(Diambil dari situs  resmi Taman Safari Indonesia II dan sumber-sumber lainnya/21 November 2011/Tour Department-wi2n)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
 
 
 

Promo Diskon