Arung Jeram (Rafting) di Jogja

E-mail Print PDF
Arung jeram adalah suatu aktifitas pengarungan bagian alur sungai yang berjeram/riam, dengan menggunakan wahana tertentu. Pengertian wahana dalam pengarungan sungai berjeram / riam yaitu sarana / alat yang terdiri dari perahu karet, kayak, kano dan dayung. Tujuan berarung jeram bisa dilihat dari sisi olah raga, rekreasi dan ekspedisi. Jadi dengan demikian olah raga Arung Jeram (White Water Rafting) merupakan olah raga mengarungi sungai berjeram, dengan menggunakan perahu karet, kayak, kano dan dayung dengan tujuan rekreasi atau ekspedisi. Arung jeram sebagai olah raga kelompok, sangat mengandalkan pada kekompakan tim secara keseluruhan. Kerja sama yang terpadu dan pengertian yang mendalam antar awak perahu, dapat dikatakan sebagai faktor utama yang menunjang keberhasilan melewati berbagai hambatan di sungai.
 
Jogjakarta sebagai salah satu tujuan utama wisata di Indonesia juga memiliki wisata arung jeram ini. Para pecinta arung jeram profesional, biasanya memuaskan hasrat petualangannya dengan pergi ke Sungai Progo yang letaknya di Kabupaten Kulonprogo. Namun, jeram di Sungai Progo terlalu berbahaya bagi para pemula yang sebaiknya jika ingin mencoba  arung jeram atau rafting silahkan memilih wisata arung jeram di sungai Elo, Magelang yang masih relatif dekat dari Yogyakarta. Sekitar 1 jam berkendaraan dari Jogja. Setelah sampai lokasi, Anda dapat menikmati olahraga arung jeram di sungai ini dengan tingkat kesulitan jeram 2 sampai 3, dengan jarak tempuh 13 km yang bisa dicapai antara 2-3 jam. Sepanjang rafting, Anda sekeluarga selain menikmati olah raga ini juga bisa menyaksikan  keindahan di kiri kanan sungai berupa pohon bambu, papaya, pisang, dll. Hewan-hewan yang bisa Anda jumpai di sungai ini antara lain ikan, katak dan juga bunglon yang meupakan salah satu hewan yang dilindungi.

Tempat start untuk rafting di Sungai Elo, yakni di Jembatan Blondo, Magelang. Rafting di sini biasanya harus terdiri dari  satu tim yang berisi 5-6 orang untuk satu perahu karet. Ada pemandu yang akan memberikan pengarahan tentang aturan-aturan pengarungan. Pemandu juga mengajari cara memegang dayung, fungsi peralatan, hingga penyelamatan diri sendiri. Lalu peserta melakukan pemanasan bersama-sama tim. Finish pengarungan berada di dekat Candi Mendut yang merupakan tempat pertemuan dengan Sungai Progo. Tempat finish-nya berupa tanah datar, yang berjarak sekitar 1 km dari Candi Mendut.

Berikut beberapa tempat rafting di Jogjakarta dan sekitarnya yang bisa menjadi tempat berlibur Anda :
ELO TRIP (Sungai Elo, Magelang)
Ideal untuk Family & Corporate Gathering serta Pelatihan
Tingkat kesulitan: Pemula (Grade I - III+)
Panjang lintasan: 12,5 km (ditempuh dalam ± 2,5 - 3 jam)
Jadwal trip : sesuai pemesanan

SERAYU TRIP (Sungai Serayu, Banjarnegara)
Ideal untuk wisata arung jeram yang lebih menantang
Tingkat kesulitan: Menengah (Grade II - IV+)
Panjang lintasan: 24 km (ditempuh dalam ± 3 jam)
Jadwal trip: sesuai pemesanan (dimulai pukul 07.00)

LOWER PROGO TRIP (Sungai Progo, Kulon Progo)
Ideal untuk adrenaline rush yang ekstrim
Tingkat kesulitan: Mahir (Grade III - V+)
Panjang lintasan: 8 km (ditempuh dalam ± 45 menit)
Jadwal trip: sesuai pemesanan (dimulai pukul 08.00)

(Diolah dari berbagai sumber/24 Februari 2012/Tour Department-wi2n)

 
 
 
 

Promo Diskon